Minggu, 12 Februari 2012

Anak Usia 1 s/d 2 tahun


Inilah puncak dari tahun kedua. Dengan mengatakan "tidak" terus menerus, dan sengaja memancingnya dimuka orang tua, seorang anak membuat batasan dan mulai membuat prioritas.
Antara usia 1 dan 2 tahun, anak yang baru bisa berjalan akan sering melakukan sesuatu yang mereka tahu akan memancing kemarahan orang tuanya, dan tampaknya selalu meminta untuk dihukum. Mengapa? Inilah sifat alami dari pertumbuhan kemandirian seorang anak kecil, titik dimulainya perjalanan yang akan berakhir bertahun-tahun kemudian dengan berpisah dari orang tua.
Tugas paling penting dan berat bagi orang tua adalah bersikap konsisten dalam mengatakan "tidak." Tidak konsisten hanya akan membingungkan si anak dan memicu lebih banyak pancingan dan kelakuan buruk.
Rasa negatif biasanya terlihat jelas pada saat makan. Seorang anak mungkin sama sekali menolak jenis makanan atau makanan padat tertentu, dan mungkin mundur dan meminum dari botol atau mencoba menghisap payudara. Ini semua adalah tanda-tanda kebingungan terhadap pertumbuhan kemandirian, dan sebaiknya di tampik dengan rasa humor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar